goodreal-logo.jpg

Sigra tipe M memang menawarkan banyak keunggulan, tetapi tidak ada yang sempurna di dunia ini. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli, penting untuk mengetahui beberapa kekurangan dari mobil ini. Dengan demikian, kamu bisa membuat keputusan yang lebih bijak dan sesuai dengan kebutuhan. 

“Mengetahui kelemahan produk adalah langkah bijak dalam proses pengambilan keputusan pembelian.”

Berikut adalah beberapa kekurangan dari Sigra tipe M yang perlu kamu pertimbangkan: 

  • Performa Mesin: Mesin Sigra tipe M cukup efisien untuk penggunaan harian dalam kota, tetapi mungkin terasa kurang bertenaga saat digunakan di jalan tol atau dibawa ke daerah pegunungan. Kamu mungkin merasakan bahwa akselerasinya agak lambat jika dibandingkan dengan mobil di kelas yang sama.
  • Fitur Keselamatan: Fitur keselamatan pada Sigra tipe M tidak sekomplet varian yang lebih tinggi. Misalnya, kamu tidak akan menemukan fitur seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Start Assist (HSA) yang mungkin sangat membantu dalam situasi darurat.
  • Kualitas Interior: Interior Sigra tipe M tidak begitu mewah. Material yang digunakan cenderung standar dan mungkin terasa kurang premium bagi sebagian orang. Jika kamu menginginkan kenyamanan ekstra, mungkin perlu mempertimbangkan upgrade ke varian yang lebih tinggi.

Kualitas Material yang Digunakan Sigra Tipe M

Satu hal yang sering menjadi perhatian utama adalah kualitas material yang digunakan pada Sigra Tipe M. Jika kamu mengharapkan material premium, mungkin sedikit kecewa. Bagian dalam kabin didominasi oleh plastik keras yang tidak memberikan kesan mewah. Memang, material seperti ini cenderung tahan lama dan mudah dibersihkan, namun sayangnya tidak memberikan kenyamanan dan keindahan yang optimal. 

Di sisi lain, bahannya yang ekonomis membuat harga mobil ini tetap terjangkau. Namun, kekurangan ini bisa berdampak pada kenyamanan berkendara dalam jangka panjang. Misalnya, kursi depan yang kurang ergonomis dan bantalan yang tipis bisa menyebabkan ketidaknyamanan, terutama pada perjalanan jarak jauh. 

Bahan body juga tergolong tipis, yang bisa menjadi perhatian utama bagi kamu yang mengutamakan faktor keamanan. Memang, hal ini membantu mengurangi berat mobil dan meningkatkan efisiensi bahan bakar, namun faktor keamanan selalu menjadi pertimbangan penting. Sebagai tambahan, minimnya insulasi suara juga bisa membuat kabin terasa bising ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi. 

Jika kamu adalah tipe pengemudi yang tidak terlalu mempermasalahkan material interior dan lebih mengutamakan fungsionalitas serta efisiensi bahan bakar, Sigra Tipe M mungkin masih menjadi pilihan yang layak. Namun jika kenyamanan dan kualitas interior menjadi perhatian utama, penting untuk mempertimbangkan kekurangan ini sebelum memutuskan untuk membeli.

Performa Mesin Sigra Tipe M yang Tidak Maksimal

Jenis Mesin1.0 Liter1.2 Liter
Daya Maksimal67 PS @6,000 rpm88 PS @6,000 rpm
Torsi Maksimal91 Nm @4,400 rpm108 Nm @4,200 rpm
Konsumsi Bahan Bakar (Kota)15-18 km/liter15-18 km/liter
Konsumsi Bahan Bakar (Jalan Tol)20-22 km/liter20-22 km/liter

Dari tabel di atas, terlihat bahwa performa mesin 1.2 liter memang sedikit lebih unggul dibandingkan dengan mesin 1.0 liter. Meskipun keduanya menawarkan konsumsi bahan bakar yang efisien baik di dalam kota maupun di jalan tol, namun keunggulan daya dan torsi pada mesin 1.2 liter cukup signifikan. 

Dengan daya maksimal 88 PS dan torsi maksimal 108 Nm, mesin 1.2 liter memberikan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga dibandingkan 1.0 liter yang hanya memiliki daya 67 PS dan torsi 91 Nm. Jadi, jika Anda sering melintasi jalur yang menantang atau membutuhkan akselerasi yang lebih baik, varian dengan mesin 1.2 liter bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. 

Namun, kekurangan utama dari Sigra Tipe M bisa terlihat dari fiturnya yang terbatas. Beberapa fitur yang diharapkan seperti kamera mundur, velg yang lebih menarik, dan multimedia yang lebih modern belum tersedia pada tipe ini. Selain itu, sistem pengereman yang hanya ABS+EBD serta kurangnya AC double blower juga menjadi catatan penting yang perlu dipertimbangkan. 

Dalam hal kenyamanan, kursi depan yang kurang ergonomis juga bisa menjadi kekurangan bagi Anda yang sering berkendara dalam jarak jauh. Material bodi yang tipis mungkin menambah kekhawatiran tentang durabilitas jangka panjang mobil ini.

Apakah Konsumsi Bahan Bakar Sigra Tipe M Boros ?

Sigra Tipe M dikenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit. Untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota, konsumsi bahan bakarnya berkisar antara 15-18 km/liter. Angka ini menunjukkan bahwa meskipun sering terjebak macet atau harus berhenti di lampu merah, mobil ini tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar. 

Namun, saat diajak berkendara di jalan tol, konsumsi bahan bakarnya bisa lebih baik lagi. Dengan kecepatan yang cenderung stabil, Sigra Tipe M bisa mencapai efisiensi hingga 20-22 km/liter. Hal ini tentu sangat membantu bagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh atau mudik ke kampung halaman, karena kamu bisa menghemat lebih banyak biaya bahan bakar. 

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa pengguna melaporkan suara bising dari mesin saat mobil berada di kecepatan tinggi. Ini mengindikasikan bahwa meskipun konsumsi bahan bakarnya hemat, performa mesinnya mungkin tidak sehalus yang diharapkan, terutama untuk tipe mesin 1.0 liter. 

Secara keseluruhan, jika kamu mencari mobil dengan efisiensi bahan bakar yang baik untuk penggunaan sehari-hari, Sigra Tipe M bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan juga untuk mempertimbangkan aspek lain seperti kenyamanan berkendara dan performa mesin sesuai dengan kebutuhanmu.

Fitur Keselamatan Sigra Tipe M yang Terbatas

Salah satu kekurangan terbesar dari Sigra Tipe M adalah fitur keselamatannya yang kurang lengkap. Untuk mobil modern yang dirancang sebagai kendaraan keluarga, hal ini cukup disayangkan. Meskipun sudah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), fitur keselamatan lainnya masih jauh dari kata lengkap. 

Contohnya, Sigra Tipe M belum dilengkapi dengan airbag yang menjadi fitur standar di banyak mobil lain dalam kategori yang sama. Selain itu, fitur seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System (TCS) juga absen. Padahal, fitur-fitur ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan dan mencegah selip saat berkendara di kondisi jalan yang licin atau saat manuver mendadak. 

Ketiadaan sensor parkir dan kamera mundur juga bisa menjadi kekurangan yang cukup signifikan, terutama bagi Anda yang sering parkir di tempat yang sempit atau ramai. Dengan adanya sensor parkir dan kamera mundur, risiko tabrakan kecil atau kecelakaan saat parkir dapat diminimalkan. Sayangnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk memasang fitur-fitur ini secara terpisah jika ingin keamanan yang lebih lengkap. 

Secara keseluruhan, meskipun Sigra Tipe M menawarkan beberapa fitur keselamatan dasar, hal ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan keselamatan pengemudi dan penumpang secara maksimal. Bagi Anda yang sangat memprioritaskan keselamatan, mungkin perlu mempertimbangkan model lain atau menambahkan fitur-fitur keselamatan tersebut secara terpisah.

Selain kekurangan yang telah disebutkan sebelumnya, Sigra tipe M juga masih memiliki beberapa kelemahan lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Kenyamanan dan Kualitas Interior Sigra Tipe M 

Faktor kenyamanan dalam kabin adalah hal yang penting, terutama untuk pengendaraan jarak jauh ataupun saat menghadapi kemacetan kota. Sayangnya, Sigra tipe M memiliki beberapa kekurangan dalam hal ini. Kursi bagian depan dinilai kurang ergonomis oleh banyak pengguna. Begitu pula dengan kursi baris kedua dan ketiga yang terasa agak sempit untuk penumpang dewasa. 

Selain itu, kualitas material interiornya juga terbilang standar, memberikan kesan ekonomi yang mungkin kurang memuaskan bagi sebagian orang. Tidak adanya AC double blower juga menjadi kelemahan signifikan, terutama saat berkendara di kondisi cuaca panas. Hal ini tentu akan mempengaruhi kenyamanan penumpang, terutama mereka yang duduk di baris belakang. 

Di sisi lain, fitur seperti globebox, cupholder di setiap pintu penumpang, dan 2 cupholder di baris depan memang tersedia dan menambah sedikit kenyamanan. Namun, ini tetap tidak bisa menggantikan kenyamanan utama yang diharapkan dari sebuah mobil keluarga. 

Dengan memahami kekurangan-kekurangan ini, Anda dapat lebih bijak dalam menentukan apakah Sigra tipe M adalah investasi yang tepat atau tidak. Pertimbangan yang matang tentu akan membantu Anda mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi.

Pada akhirnya Anda kini sudah memahami kekurangan sigra tipe m itu apa saja, namun yang harus diperhatikan bahwa semua produk mobil itu semua bagus. Artikel ini hanya sebatas memberikan informasi bagi yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *